RSS

Memasang Aplikasi Tambahan pada Kimux atau Ubuntu

Untuk dapat memasang berbagai aplikasi tambahan pada Kimux, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan koneksi internet anda terhubung dengan lancar, karena connect to internet adalah syarat utama untuk bisa melakukan pemasangan aplikasi tambahan ini. Dalam praktikknya ada 3 cara yang dapat dipilih untuk dapat memasang aplikasi tambahan pada Kimux, yaitu melaui Ubuntu Software Center, Synaptic Package Manager ataupun dengan Command Line Interface (CLI). Adapun untuk penjelasan lebih detailnya adalah sebagai berikut :

Ubuntu Software Center
Pada Ubuntu di option System Tools, kemudian pilih Ubuntu Software Centre. Selanjutnya pilih aplikasi yang Anda inginkan.

Synaptic Package Manager
Pada Synaptic Package Manager telah disediakan banyak sekali aplikasi dalam berbagai kategori, sehingga agar lebih efisien waktu maka kita search kategori aplikasi yang akan kita tambahkan, misalnya dalam hal ini adalah aplikasi tentang Chemistry. Maka akan ditampilkan berbagai macam aplikasi kimia baik yang sudah terpasang [ditandai dengan icon aplikasi berwarna hijau] maupun yang belum terpasang pada PC Anda [ditandai dengan icon aplikasi berwarna putih]. Kemudian klik icon tersebut lalu klik Apply. Tunggu hingga semua proses pemasangan selesai.

Command Line Interface (CLI) 
Command Line Interface, yaitu melaui http://repo.unnes.ac.id/dokumen/. Kemudian dilanjutkan dengan mencari aplikasi yang Anda inginkan.

Sedangkan untuk penambahan aplikasi pada Ubuntu di option Utilities klik "Terminal". Kemudian pada terminal ketik sudo apt-get install (diikuti nama aplikasi yang Anda ingin pasang), misalnya sudo apt-get install Kalzium. Dilanjutkan dengan memasukkan password sesuai dengan password Ubuntu Anda. Diakhiri dengan Klik enter dan tunggu hingga aplikasi yang diinginkan terpasang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar