RSS

Aplikasi Kimia untuk Hukum Dasar Kimia, Konsep Mol dan Perhitungan Kimia

McDalton (Mass Calculator Dalton)

McDalton merupakan program freeware kimia yang dapat dijalankan pada sistem operasi Windows. Program-program ini dibuat untuk membantu pembelajaran kimia menjadi menyenangkan, baik bagi guru maupun bagi siswa. Karena program ini sangat berguna pada materi perhitungan kimia dan juga hukum - hukum dasar kimia. Materi yang dapat difasilitasi dengan software ini adalah untuk perhitungan molar atau formula massa. Dalam program ini ada tidak dibuat aturan khusus untuk mengetik rumus kimia. Cukup ketik mereka seperti biasa. Tidak ada yang ekstra untuk belajar dan mengingat. Hal ini diperjelas dengan contoh-contoh di jendela program McDalton Learning Edition ditampilkan pada halaman ini. Software kimia ini sengaja dikembangkan karena tidak banyak program freeware atau shareware dari jenis yang sama sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan untuk pembelajaran kimia di tingkat sekolah menengah atas. Dalam perkembangannya ada dua edisi McDalton. 
Penjelasan lebih lanjut adalah sebagai berikut :

McDalton Learning Edition 1.0 


Jendela Belajar EditionThis adalah program komputer freeware , yang dirancang khusus untuk tujuan belajar , untuk menghitung molar atau formula massa . Untuk alasan ini perhitungan akan ditampilkan bersama dengan hasilnya . Kebanyakan buku teks mencakup tabel massa atom dengan nilai-nilai dibulatkan menjadi satu atau dua desimal. Untuk kompatibilitas dengan jawaban pada contoh-contoh yang diberikan dalam buku-buku teks McDalton Learning Edition termasuk pilihan untuk menggunakan sejumlah tetap desimal. Hal ini juga dapat bermanfaat pada peningkatkan pembacaan output. Rekomendasi oleh The International Union of Murni dan Terapan Kimia , IUPAC , berat atom dari unsur-unsur yang diambil dari tinjauan Atom bobot elemen 2007, yang diterbitkan dalam Pure Appl . Chem . 78 ( 11 ) , 2051-2066 , 2006 dan Agustus 2007 rilis. Sebagai default semua angka yang digunakan dalam perhitungan. Jika Anda memasukkan rumus hanya satu elemen berat atom yang direkomendasikan ditampilkan. Tampilan untuk McDalton Edition 1.0 adalah sebagai berikut :




McDalton Professional Edition 1.0 

Ini adalah program komputer freeware dan shareware, yang dirancang untuk penggunaan profesional. 
Dalam program ini ketidakpastian dalam massa molar dihitung diberikan sebagai kesalahan maksimum absolut hasilnya. Ketidakpastian dihitung selalu dibulatkan sampai satu angka signifikan. Hal ini dibulatkan karena jika tidak dapat terjadi sebagai diremehkan. Kemudian massa molar dibulatkan dengan akurasi mutlak yang sama seperti yang diberikan dalam ketidakpastian bulat .
Jendela Profesional EditionAn contoh akan membuat ini jelas .Massa molar untuk PbO dihitung sebagai 207,2 + 15,9994 = 223,1994 dan ketidakpastian dalam massa molar dihitung sebagai 0,1 + 0,0003 = 0,1003 .Satu-satunya tokoh penting dalam ketidakpastian adalah desimal pertama dan karena itu massa molar diberikan sebagai 223.2 ± 0.2 yang merupakan nilai terbaik dan tentu saja ketidakpastian dibulatkan seperti yang dijelaskan sebelumnya. Berikut adalah tampilan untuk McDalton Professional Edition 1.0.

Catatan 

Menurut konvensi internasional dan untuk tujuan belajar rumus kimia diformat seperti CuSO4 · 5H2O dan tidak seperti CuSO4 5H2O * seperti di banyak aplikasi lain .
Dalam Edisi Belajar nomor terkemuka seperti 2Na tidak diperbolehkan. Hal ini karena siswa sering cenderung untuk memasukkan koefisien dari rumus reaksi kimia dalam perhitungan mereka. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan dalam studi mereka di kemudian hari. Tidak ada batasan semacam ini di Professional Edition karena beberapa rumus kimia benar-benar mulai dengan angka. Untuk tujuan keamanan dan belajar elemen harus dimasukkan dalam kapitalisasi yang tepat. Misalnya Co berarti Cobalt sementara CO berarti Karbon dan Oksigen.


Panduan Download

Untuk menjalankan program ini pada versi Windows Anda harus memiliki Visual Basic 6.0 SP5 : Run -Time Redistribusi Pack diinstal pada komputer Anda . Proses instalasi sederhana .Ikuti langkah di bawah ini 1 . Kemudian ikuti langkah 2 untuk McDalton Learning Edition atau langkah 3 untuk McDalton Professional Edition yang akan diinstal .

Jika versi Windows Anda lebih tua dari XP kemudian men-download Visual Basic 6.0 SP5 : Run -Time Redistribusi Pack ( VBRun60sp5.exe ) dari Microsoft Download Center. Jalankan saja sekali .
Ambil setupmdl.exe dan menjalankannya sekali. The McDalton Learning Edition 1.0 berjalan pada Windows 9x, Me, 2000, NT, XP dan Vista .
Ambil setupmdp.exe dan menjalankannya sekali. The McDalton Professional Edition 1.0 berjalan pada Windows 9x, Me, 2000, NT, XP dan Vista.
Atau dapat pula klik disini

Untuk yang tertarik dan ingin mempelajari McDalton sebagai salah satu media pembelajaran, silahkan download handbook dibawah ini :


Source by :












  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar